Trik Opsi --no-install-recommends Agar Permanen

Opsi --no-install-recommend biasanya saya gunakan seperti ini:
sudo apt-get install --no-install-recommends nama_aplikasi
Opsi tersebut sebenarnya untuk memberitahukan agar apt-get tidak memasang paket "recommends" (paket yang direkomendasikan). Nah, saya sering memakai opsi --no-install-recommends ketika memasang aplikasi di Ubuntu karena:
  • Bandwith yang pas-pas an
  • Space harddisk yang minim
  • Malas menunggu instalasi aplikasi yang lama :)
Karena saya orang yang males ngetik baris perintah yang panjang maka akhirnya saya buat agar opsi tersebut menjadi permanen di apt-get maupun synaptic.

Agar --no-install-recommends permanen pada apt-get
Buka Terminal, dan masukkan perintah ini untuk membuat berkas baru bernama "apt.conf" di path /etc/apt :
gksu gedit /etc/apt/apt.conf
Setelah jendela gedit terbuka, silakan isi dengan dengan teks seperti ini:
// Recommends are as of now still abused in many packages
APT::Install-Recommends "0";
APT::Install-Suggests "0";
Simpan dan tutup jendela gedit, lihat perbedaannya (sebelum & sesudahnya) sekarang:
Tampak jelas kan, dari 56,2MB menjadi 45,3MB :)

Agar --no-install-recommends permanen pada synaptic
Buka Terminal, dan masukkan baris perintah ini:
gksu gedit /etc/apt/apt.conf.d/99synaptic
ganti teks pada bagian "true" menjadi "false", sehingga seperti ini:
APT::Install-Recommends "false";
Simpan dan tutup jendela gedit, kemudian cobalah memasang aplikasi dari synaptic.
Selamat mencoba :)

Catatan: Tulisan ini adalah pengalaman pribadi saya saja (Do It With Own Risk).
Referensi: linux.koolsolutions.com, ubuntuforums.org

0 komentar: